Rabu, 07 Oktober 2009

Blessing In Disguise

Hakuin Ekaku adalah seorang rahib Zen terkenal pada masanya. Ketika masih muda, ia pernah berkelana bersama dua rahib senior. Mereka berkeinginan untuk belajar dari guru-guru Zen lain. Suatu ketika dalam perjalanan, seorang rahib meminta bantuan Hakuin untuk membawa barang bawaannya. Hakuin pun membawa barang tersebut tanpa ada protes.

Rahib lainnya yang melihat hal tersebut terpancing untuk meminta bantuan kepada Hakuin. Hakuin yang dimintakan tolong tersebut tidak protes. Ia semakin tenggelam dalam barang-barang bawaannya dan juga dalam ketenangan meditasinya. Hakuin merasa bahwa adalah ajaran Buddha untuk menolong sesama yang sedang kesusahan.

Tiba di suatu tempat, mereka harus melanjutkan dengan berlayar agar bisa sampai ke kota yang dituju. Hakuin yang sudah kelelahan akibat perjalanan yang jauh dan juga beratnya beban yang dia bawa tidak lama kemudian tertidur pulas. Sewaktu terbangun, ia kaget melihat keadaan sekitar. Ia melihat bahwa perahu yang ia tumpangi telah kandas. Tidak lama kemudian ia mencium bau tidak sedap di sekelilingnya dan melihat teman-teman rahibnya pucat pasi akibat muntah-muntah.

Usut punya usut, perahu yang ditumpangi Hakuin dan teman-temannya tersebut telah ditimpa badai hampir semalaman. Semua penumpang dan tukang perahu menjadi mabuk laut. Hanya Hakuin yang kelelahan karena perjalanan yang jauh dan mengangkat barang-barang yang berat, tertidur pulas tak terganggu, selama badai menerpa perahu tersebut.


The Lesson

Membaca kisah tersebut kita diingatkan kembali bahwa setiap peristiwa dalam kehidupan kita masing-masing memiliki berkah tersembunyi. Hakuin yang mengalah, lelap dalam tidurnya yang membuatnya tidak merasakan hantaman badai yang menerjang perahu yang ia tumpangi.

Banyak dari kita sebenarnya sering mengalami hal tersebut. Tetapi masing-masing mempunyai pandangan sendiri-sendiri. Ada yang menganggapnya sebagai suatu kebetulan tanpa arti. Ada yang mencoba untuk menyimpulkan arti dari setiap hal yang ia alami.

Biarlah di malam hari ini, kita bisa mengevaluasi apa yang sudah kita alami di sepanjang hari ini. Mempelajarinya dan menjadikan semuanya sebagai bekal kita di masa yang akan datang. Ingatlah bahwa berkah tersembunyi itu memang ada di setiap tempat dan masa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar