Jumat, 09 Oktober 2009

Nikmati Hari Ini




Alkisah ada seorang murid muda yang tinggal di asrama sekolahnya. Setiap pagi ia mendapat tugas untuk menyapu halaman asrama sekolahnya. Bangun pagi setiap harinya menyapu halaman asrama pada musim gugur adalah merupakan tugas yang cukup sulit. Hal ini disebabkan daun-daunan yang lebih mudah rontok.

Melihat hal ini, murid muda ini mulai memikirkan caranya agar ia lebih cepat menyelesaikan pekerjaannya. Seorang murid senior mencoba untuk memberikan saran kepada murid muda tersebut. "Sebelum kamu menyapu besok, goyang-goyangkan saja pohon yang ada agar daun-daunnya gugur sehingga besok hari kau tidak perlu menyapu lagi." saran si murid senior.

Murid muda itu berpikir bahwa saran itu cukup bagus. Dan mulailah ia menggoyangkan pohon2 yang ada sehingga daun-daunnya jatuh berguguran. Kemudian ia pun menyapu daun-daun yang jatuh tersebut. Setelah selesai, ia duduk dan berpikir bahwa besok hari ia tidak perlu bangun pagi-pagi untuk menyapu halaman.

Keesokan paginya ketika ia bangun, ia melihat bahwa masih banyak daun-daun yang berserakan di halaman asrama. Pada waktu itu, seorang guru senior yang melintas berkata,"Nak, tak peduli betapa kerasnya kamu bekerja hari ini, daun-daun akan tetap berguguran besok."


The Lesson

Janganlah selalu merisaukan hari esok atau yang akan datang karena memang waktunya belum tiba. Menghargai dan menikmati hari ini lebih penting dibandingkan dengan hal-hal yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar