Senin, 05 Oktober 2009

Tidak Selamanya Cepat Itu Baik




Suatu ketika, seorang pemuda ingin berlatih beladiri. Ia pun mendatangi seorang ahli beladiri di tempatnya tersebut. Sesampainya di tempat sang ahli beladiri tersebut, pemuda itu pun mengutarakan maksud kedatangannya dengan penuh semangat, " Guru saya ingin berlatih beladiri. Saya siap mencurahkan segala waktu dan pikiran saya untuk mempelajarinya. Berapa lama saya akan menguasai ilmu beladiri tersebut?"

Sang ahli beladiri tersebut berkata singkat,"Sepuluh tahun."

Walaupun kaget, pemuda itu segera berkata,"Tetapi saya mau menguasainya lebih cepat. Saya akan berlatih dengan keras. Saya akan berlatih setiap hari, setiap hari kalau perlu. Berapa lama saya bagi saya untuk menguasainya?"

Guru tersebut terdiam sejenak dan kemudian berkata," Tiga puluh tahun."


The Lesson

Untuk menguasai sebuah bidang tertentu, harus difokuskan pada teknik atau metode, bukan pada berapa lama waktu penguasaannya.

Ada banyak dari kita, termasuk saya, yang terjebak pada pola pikir tersebut. Kita selalu berusaha untuk cepat-cepat menguasai suatu bidang agar bisa kita gunakan.

Melaui kisah ini kita diingatkan bahwa memusatkan perhatian pada sisi-sisi yang salah dapat mengakibatkan usaha kita sia-sia. Tidak hanya itu, waktu dan tenaga pun akan terbuang percuma dan lebih parahnya hal itu akan menunda kesuksesan itu sendiri.

*disarikan dari buku Simplify Your Life With Zen
-Ponijan Liaw & Andrew Ho



Tidak ada komentar:

Posting Komentar