Sabtu, 10 Oktober 2009

Semangat Brooklyn Bridge

Tahukah anda Brooklyn Bridge?

Inilah Brooklyn Bridge tersebut...



Indah dan kokoh bukan?

Jembatan yang menghubungkan antara kota New York dengan Long Island.

Mungkin banyak dari teman2 semua yang mengetahui keberadaan jembatan terkenal ini. Tetapi tahukah teman2, ada kisah yang cukup menggetarkan hati di balik berdirinya jembatan ini?

Inilah kisahnya...

Pada tahun 1883, seorang arsitek bernama John Roebling tertantang untuk membangun sebuah jembatan yang bisa menghubungkan kota New York dengan Long Island. Banyak para ahli konstruksi yang menyangsikan keberhasilan Roebling menyelesaikan proyek ambisius tersebut. Tetapi Roebling tetap melangkah dan berhasil membujuk anaknya untuk membantunya membangun jembatan tersebut.

Setelah beberapa bulan berjalan, terjadi kecelakaan yang menimpa John Roebling dan anaknya Washington. John meninggal sedangkan Washington menderita cacat yang membuatnya tidak bisa menggerakkan bagian tubuhnya. Bahkan ia pun tidak bisa berbicara. Kolega-koleganya mulai membenarkan komentar-komentar mereka sebelumnya bahwa tidak mungkin untuk membangun jembatan tersebut.

Tetapi Washington tidak putus asa. Di atas ranjang, ia mengajar istrinya tentang detil2 pembangunan jembatan tersebut. Walaupun hanya berbekal isyarat jari saja tetapi itu tidak menjadi masalah. Proyek pembangunan kembali berjalan. Istrinya menjadi tubuh dan mulut Washington untuk mengarahkan para pekerja.

Selama hampir 13 tahun, Washington dengan sabar memberikan instruksi melalui isyarat kepada istrinya. AKhirnya jembatan itu pun berdiri dengan megah. Berdirinya jembatan ini membungkam para kritikus yang menyangsikan adanya jembatan tersebut. Brooklyn Bridge menjadi saksi bisu akan sebuah pengharapan dan semangat pantang menyerah John Roebling dan anaknya, Washington Roebling.


John Roebling




Washington Roebling






1 komentar:

  1. Sebuah kisah nyata yang layak menjadi pelajaran bahwa halangan sebesar apapun tidak boleh menjadi hambatan yang menghentikan sebuah mimpi.

    BalasHapus